GOA MASIGITSELA DAN GOA MARIA

Ceritaku saat di Kampung laut, Cilacap Jawa Tengah. Ini cerita pas hari jum’at awalnya kita berencana untuk mengidentifikasi mangrove yang ada di sekitar klaces, tapi kok malesnya minta ampun ya. Atas inisiatif siapa waktu itu, kami jadinya pergi jalan – jalan dan memutuskan untuk melihat goa. Goa yang ada di kaces emang banyak, tapi kita memutuskan buat ngeliat goa masigitsela. (Kalian dan pernah belum masuk goa yang bener-bener asli. belum ada tambahan apa2? belum kan? hahaha....peace ya, cm mau bikin kalian penasaran aja).

Karena kita ga tau lewat mana untuk kesananya (laaahhh kirein tau, gimana sih!) (sabar atuh kan can cerita manehna, cek dengekeun wae) makanya kita nanya ke penduduk sekitar, kan klo kata pepatah mah malu bertanya sesat di jalan iya ga? (iya aja deh biar cepet ceritanya) dari pada kita tersesat perjalanan di klaces yang kita anggap masih asing namanya juga baru 3 harian di sini.

Naah, setelah kita tau musti melewati jalan yang mana akhirnya kita memutuskan untuk pergi, kita ber enam : Lia (saya sendiri), mba isna, atik, rahman, byo dan sufi. Kami menyelusuri jalan kita awal jalan kira kira jam 8-an Am. Kami memulai perjalanan di depan Mushola pas di warung ibu kadus. lurus aja. suasananya seger pisan, bersih dan dingin, kita sempet bingung kok dingin yah, ternyata di sepanjang perjalanan kami dikelilingi oleh pegunungan yang dibawahnya sawah-sawah yang hijau, seger rasanya ngeliat pemandangan itu. kan jarang yah sekarang mah apalagi di kota-kota besar, jangan harap di Jakarta udaranya sebersih ini klo rekontruksi wilayahnya Cuma buat gedung-gedung yang tinggi aja. (kok jadi meleber ke situ mba, terusin yang cerita goanya atuh.. mba gimana sih!) oh iya maaf –maaf saking emosinya sama keadaan jakarta sekarang.. hehehe
Goa pertama yang kita temui

Di perjalanan kita yang lewat jalan kecil itu, ada tugu di samping kami bertuliskan Goa maria wisata bahari. nah kita pikir yang ada dulu deh. jadinya kita berubah niatan, sekarang tujuan kita mau ke Goa maria. kita masuk ke jalan setapak (kesebelah kiri) dan tak lama kemudian kita menemukan sebuah Goa yang kita ga tau namanya, kita foto-foto aja, dan liat pas di foto memang sangat artistik, ga tau yang ngambil fotonya ahli banget atau foto modelnya yang bagus banget. hehehe nilai aja sendiri yaahhh ^^. (ini masih berser- seri wajahnya).

Setelah kita merasa sanggup untuk meneruskan perjalanan, akhirnya kita meneruskan perjalanan kembali, kita naik turun bukit udaranya sangat-sangat menyejukan, mungkin karena kita sering di laut jadinya ngerasa naik gunung senengnya minta ampyun.. HOOORRRRREEEEEEEE (biasa aja kali mba heboh banget hehehe). Selama di perjalanan kami sering menemukan orang yang bawa motor gunung yang di rakit samping kiri dan kanannya kayak penompang kayu buat muatin sesuatu. Ternyata tau ga teman-teman... oooooyyyyyyy mereka itu yang kerjanya nebangin pohon yang ada di sekitar gunung ini looohhh, kita pas waktu itu mau nanya aja sulit, mereka terus aja jalan dengan motornya dengan laju yang sangat cepat, sepertinya mereka takut dengan penampilan kita, atau apalah.. kalo takut sama tampang ga mungkin orang kita tampang baik-baik, liat aja nih foto kita pas masih di jalan, baik-baik kan tampangnya. ^^ (iya aja deh mba^^)

Karena kita ga tau musti kemana akhirnya kita memutuskan untuk lurus aja kedepan, untungnya jalannya ga ada persimpangan atau apapun, jalannya satu .. Sepanjang perjalanan kami foto-foto keadaan di sekitar jalan yang kami lewati, ada yang tandus karena habis di tebangin, ada juga kayak lahan perkebunan ada jagung, cabe, tebu dan sebagainya.

Waktu sudah menunjukan pukul 9 lewat, kita harus memastikan terus jalan atau tidak, karena kita butuh waktu istirahat dan khusus buat cwo musti shalat jum’at. Akhirnya setelah berdiskusi kami akhirnya meneruskan perjalanan yang melelahkan itu. Sampai akhirnya di perjalanan ada bapak yang baik hati menunjukan jalan ke goa, dan kata bapaknya : “sebentar lagi dek bakal sampai”. Kita mendengar beliau berkata seperti itu girangnya minta main. akhirnya kita meneruskan perjalan dan HAAAAPPPP ada dua jalan lurus atau belok kiri. kita memutuskan untuk lihat lokasi sekitar yang ada dijalan sebelah kiri itu, sufi dan rahman yang mengecek. akhirnya setelah kita menunggu kabar dari dua teman kami itu, ternyata kami sudah sampai, jadi kita musti mengambil arah yang belok kiri tersebut. KAMI SUDAH SAMPAI TEMAN>>> HOOOORRRRREEEE KAMI MENUKAN GOA MARIAAAAA SIK ASIK SIK ASIK..HEHEHE^^ girangnya minta ampun setelah perjalanan kira2 1.5 jam . karena begitu lelahnya kami memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu. di depan goa ada kayak gubuk yang banyak sampah kulit kelapa, kami pikir klo saat tertentu di sini banyak wisata yang mengunjungi dan gubuk ini merupakan tempat penjualan kelapa yang airnya lumayan untuk menghilangkan dahaga dalam perjalanan menuju ke sini. Tapi sayangnya saat kita kesini gubuknya ga ada yang jual. hehehe mana kita ga bawa air minum lagi,, huh hah hauuuusss..

di belakang kita itu Goa maria

Setelah ngerasa adem kita memutuskan untuk mendekat ke goa, (foto kami di atas cupu bgt ya,, itu karena kecapen. hehehe)... Udaranya lembab di sekitar goa dan bau-bau gimana gituh kayak kotoran kelelawar, pokoknya baunya pesing-pesing gituh dan hororrrrr.. jadi diantara kita ada sebagian yang enggan masuk kaya mba isna, atik dan byo, Sebenernya yang pengen pengen banget masuk itu Sufi dan rahman, sedangkan saya sendiri mau masuk tapi takut, tapi karena dua orang ini kuat banget tekadnya buat masuk makanya saya berani buat masuk juga..

Akhirnya kami bertiga masuk, dan di dalam gelap banget ga ada sepercik sinarpun di dalam sana, kami Cuma bawa senter  satu dan itupun senter dari bawaan HP punyanya Byo. Jalannya turunan, berbatu dan agak licin jadi musti berhati-hati, aku aja banyak duduknya di sini karena gelap ga bisa jalan selama ada yang nyenterin baru aku berani jalan.. kita bertiga di dalam di teriakin, hayo “hayo jangan lama-lama”. kami yang di dalam Cuma bilang “iya sebentar yaa,, ni gelap banget..” akhirnya setelah teriak-teriakan kami berenam akhirnya masuk ke dalam goa saling berpegangan tangan. karena yaa jalannya itu.lah itu pas mereka berdua di bawah (maksud saya sufi dan rahman). mereka melihat sesuatu kayak patung gituh, tapi kami yang cwe-cwe bilang, udah lah jangan macem-macem kita berenam dan ga ada yang tau kita di mana sinyal pun ga ada jadi ga bisa kasih tau kita berada di mana, kalo terjadi apa2 kan bahaya,,,,(maklum cwe pake perasaan mulu apa-apa) hehe..

Ini foto kami di akhir perjalanan

Akhirnya cwo-cwo setuju untuk kembali ke atas, keluar dari goa itu. memang seinget saya goa maria itu memang wisata rohani yang di gunakan untuk semedi bagi orang – orang tertentu, jadi musti yang tenang,,, yaaaa bukan kayak kita-kita ini yang sibukkkk dan sangat rame,, tapi maaf – maaf yah kami masih percaya bahwa “TIADA TUHAN SELAIN ALLAH SWT DAN MUHAMMAD ADALAH UTUSAN-NYA”. kami meneruskan perjalana kami ambil jalan yang satunya lurus ke depan. dan waktu sudah menunjukan jam 10 lewat kami musti kembali ke meh kami dan cwo-cwo bersiap untuk shalat jum’at. Dan ini foto kami di ujung perjalanan.. ^^ sangat unforgetable ^^

Kami tiba di mesh sekitar jam 11.30-an masih ada waktu buat bersih-bersih...
Ini ceritaku jalan2 menuju Goa Maria yang ada di Klaces, terima kasih sudah menyimak,... J