Klasifikasi mangrove dengan Er-mapper


Klasifikasi Mangrove
Dalam pengklasifikasian mangrove akan diklasifikasikan mangrove lebat, jarang, sangat lebat.  Berikut langkah-langkahnya ;

1.   Buka Citra yang sudah dicrop sebelumnya, Dalam hal ini citra yang digunakan berada di wilayah sumatera. Buat composit RGB 453 >> Refresh.
2.   Pilih menu Edit >> Edit/Created Region. Check filenya Crop b_lia_08_crop.ers>> ok .
mulai membuat region melalui polygon. kemudian digit. Setelah selesai didigit, kemudian di beri nama dengan mengklik Display/Edit >> Mangrove >> Apply>>Close. Buat region dari mangrove, darat, dan laut. Sebaiknya buat setiap kategori lebih dari satu.
3.    Pilih menu Process >>Calculate statistik >> Masukan file b_lia_08_crop.ers >>Ok. 
      4. Pilih menu Process > Classification >> Supervised Classification.  isi input  data set : b_lia_08_crop.ers >> Ok. Isi outputnya dalam hal ini : C_lia_08_supervsed.ers >> ok. Classification type : Maximum likehood standard.
     5.  Pilih menu edit >> Edit class/Region color and Name >>panggil data C_lia_08_supervsed.ers >> Ganti nama >> Save.
     6. Pilih menu edit >> Edit class/Region color and Name >>panggil data C_lia_08_supervsed.ers >> Ganti nama >> Save. 

Masuk ke klasifiksai NDVI 
     1.  Hapus region yang sebelumnya telah dibuat dengan membuka file “b_lia_08_crop” Pilih menu edit>> Edit create regioon >> ok. Kemudian pilih select and move Mode kemudian drag >> Cut. Savedan seterusnya.
     2. Buka file tersebut. Klik E=mc2 .Pilih Tab Ratio >> NDVI for landsat TM. File >> Save As >> d_lia_08_NDVI.ers  >> Ok. Output type : IEEE4ByteReal Null Value=0 >> Ok
     3.  Open File , kemudian edit transform
     4.  Masukan formula atau sintax dalam mengklasifikasikan menjadi tiga kelas. copy ke formula editor >> Apply change >> File Save >> Ok. Tetep integer >> ok.
     5.  Buka Algoritm, aktifkan 2 layar, kemudian rename Supervised dan NDVI. kemudian di blok dua-duanya kemudian di save as.
   6.  Buka hasil gabungan antara supervised dan NDVI masih dalam bentuk pseudocolor. kemudian buat sintaxnya >> kemudian apply change. file save as>> ok
     7.  Close semua layar, kecuali Menu utama (er mapper). Kemudian buka file yang sudah di simpan gabungan dan di masukan formulanya.  Kemudian Class Display Layer yang awalnya Pseudocolor.Berikut hasil klasifikasinya :
hasil klasifikasi







Tidak ada komentar: